1. Yang dimaksud dengan bisnis yaitu kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu
busy yang berarti sibuk. Kata busy pada bahasa inggris lama yakni bisignis yang
artinya keadaan dimana seseorang sibuk “state of being busy“. Sedangkan secara
etimologi, bisnis yaitu keadaan dimana individu atau sekelompok orang sibuk
melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan laba atau keuntungan.
Kata “bisnis” memiliki
tiga penggunaan, yakni penggunaan singular yang merujuk pada badan usaha, yakni
kesatuan yuridis dan ekonomis yang tujuannya mencari keuntungan. Penggunaan
yang lebih luas merujuk pada sektor pasar tertentu, contohnya bisnis pertanian.
Penggunaan paling luas merujuk kepada seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh
suatu komunitas.
Definisi bisnis yang tepat dan diakui kebenarannya
masih menjadi bahan perdebatan hingga kini. Berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis
ialah suatu organisasi yang menjual jasa
atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk
memperoleh laba. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih luas pengertian
bisnis menurut para ahli.
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Ada beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya
tentang bisnis, berikut ini akan dijelaskan dengan jelas.
1. Prof. Owen
Bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan
produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasaratau memberikan
harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2. Urwick dan Hunt
Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan
mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat
dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3. Mc. Naughton
Bisnis merupakan suatu pertukaran barang, jasa
ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
4. Prof. L. R. Dicksee
Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan
untuk mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan
kegiatan tersebut.
5. William Spregal
Mengatakan bahwa bisnis ialah suatu kegiatan yang
berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan
dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
6. Hooper
Menyatakan bahwa bisnis merupakan keseluruhan yang
kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya,
industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi
dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya
memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.
7. Merriam Webster
Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual
beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan
suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah
perusahaan, pabrik ataupun toko.
8. Brown dan Petrello
Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan
barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat
meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan
masyarakat sambil memperoleh laba.
9. Steinford
Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan
jasa yang diperlukan konsumen.
10. Musselman dan Jackson
Mereka berpendapat bahwa bisnis ialah jumlah
keseluruhan aktifitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri
penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat
memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.
Ada tiga hal penting dalam bisnis yaitu:
menghasilkan barang dan jasa, mencari profit, dan memaksimalkan kebutuhan
konsumen.
2. KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian dan dinamika perubahan yang
selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan –
tantangan tersebut tentunya menjadikan system bisnis itu menjadi dinamis.
Beberapa karakteristik bisnis sebagai berikut.
- KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sector
dengan beberapa kelompok industry . Masing –masing industry yang terkumpul
didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang bervariasi dalam bentuk
kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta
gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk
– produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan –
perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan
tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam
perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya
penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan .
- SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya
selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi
oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga
sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa
bekerja sama dengan perusahaan lain.
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran
wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin
meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya
keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang
terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/
lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
- PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis
terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam
pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai
dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung
ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan
untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan,
seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup
dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
3. Menurut saya peran bisnis dalam kehidupan
masyarakat sekarang sangat besar dikarenakan seluruh aspek dalam kehidupan itu
memang memerlukan sebuah pengelolaan yang sangat maksimal untuk mendapatkan
keuntungan yang maksimal juga.Dalam
berbisnis kita memerlukan berbagai modal seperti uang,tenaga,mesin,dll. Bukan
suatu hal yang naïf bila setiap orang memang bekerja keras untuk mendapatkan
keuntungan berupa uang atau penghargaan lainnya. Bila dalam kehidupan saya,
saya membiasakan untuk melakukan bisnis tidak hanya untuk mencari uang bisa
juga untuk mendapatkan hal-hal lain yang bisa menguntungkan saya. Misalnya
seperti saat SMA saya sering membantu pekerjaan guru saya seperti memeriksa
hasil ulangan dan keuntungan non financial yang saya bisa dapatkan mungkin saya
bisa mendapat nilai perilaku yang baik buku nilai saya nantinya.
Bila dari segi ekonomis kegiatan bisnis yang pernah
saya lakukan sama seperti anak-anak pada umumnya seperti sehabis membantu orang
tua belanja/membawakan barang ke tempat saudara saya biasanya meminta imbalan
berupa uang jalan. Dalam berbisnis banyak hal juga yang harus kita korbankan
misalnya waktu kita yang berharga, lalu tenaga yang terpakai. Dalam berbisnis
kita di sarankan untuk sepintar pintarnya mendapatkan kerabat karena dari
kerabat itulah akan tercipta sebuah hubungan atau link yang akan meluas setiap
harinya. Dari 1 orang teman kekuatan bisnis akan semakin menguat dan menyebar
semakin lama semakin luas. Dari berbisnis pula kita akan mengetahui bagaimana cara
menghadapi orang banyak, kita dapat tahu bagaimana selera masyarakat jaman
sekarang serta kita pun dapat mengetahui karakteristik orang orang yang ada di
dunia bisnis jaman sekarang.
Dalam dunia bisnis bila pandai bergaul dan pandai me
lobi orang banyak tanpa kita sadari link kita sudah sangat luas dan bisnis kita
bisa go inter nasional. Dalam berbisnis kita harus memiliki ciri khas yang
menunjukan bahwa ini adalah bisnis kita. Bisa dari cara kita menanggapi setiap
customer, property yang digunakan(baju,tata rias yang digunakan), dan bisa juga
dari barang-barang yang kita perjual belikan. Kebanyakan orang jaman sekarang
melakukan bisnis dengan berkelompok mendirikan suatu organisasi bersama sama.
Seperti halnya orang tua saya yang sekarang sedang mencoba untuk melakukan
kerja sama dengan saudaranya yang memilik tanah di Kalimantan yang bisa di
Tanami pohon kelapa sawit dalam jumlah yang cukup besar. Maka dari pada itu
setelah menyelesaikan kuliah S1 saya di universitas gunadarma saya akan mencoba
untuk berbisnis usaha kecil kecilan bersama teman teman nanti.
4. Cara melakukan klasifikasi bisnis ada 2 fase
yaitu :
a.untuk menemukan gagagan
- Diri Sendiri
Kepekaan untuk bertanya dengan diri
sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli orang lain
· -
Pelanggan dan Pesaing
Sulit, karena tidak selalu jujur
mengatakan segala hal yang ingin diketahui
· -
Pasar
Keberhasilan suatu produk disatu
pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial disuatu
pasar lain.
· -
Produk yang gagal
Suatu evaluasi yang mendalam atas
produk yang baru
b. Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
·
-Analisis persoalan
·
-Analisis situasi
· -
Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
· -
Mensurvey pelanggan sasaran
Sumber Referensi :
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-secara-lengkap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar